-->

Mahasiswa Kembali Demonstrasi Turun Ke Jalan di depan Istana Jakarta, Dimana Jokowi ?

 

Mahasiswa Kembali Demonstrasi  Turun Ke Jalan di depan Istana Jakarta, Dimana Jokowi ?

DetikInfo-UU Cipta kerja


Detikinfo.my.id – Hari ini 16 Oktober Mahasiswa kembali turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya terkait UU Omnibus Law Cipta Kerja, di depan Istana Negara Jakarta.

Namun Pada hari yang bersamaan terrnyata Presiden Joko Widodo melakukan aktivitas pekerjaannya berada seharian di Istana Kepresidenan Bogor sepanjang Jumat ini(16/10/2020).

Dari Konfirmasi yang diperoleh  dari kepala Sekretariat Kepresidenan  Heru Budi Hartono diperoleh informasi dan mengatakan bahwa "Bapak di (Istana) Bogor,"

detikinfo-UU cipta kerja


Selanjutnya Heru juga menyebutkan, bahwa di Bogor Presiden Jokowi akan menerima sejumlah tamu dan menteri, namun sepertinya beliau tidak mau menyebutkan siapa Mentri dan Tamu yang akan bertemu tersebut dengan alasan karena agendanya bersifat internal.

"Agendanya intern, tapi kerja, ada menerima beberapa tamu dan menteri," kata Heru. Sementara itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) berencana melakukan aksi unjuk rasa kembali pada Jumat (16/10/2020).

Koordinator Pusat BEM SI, Remy Hastian mengatakan, aksi penyampaian aspirasi tersebut akan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB di Istana Negara.

"Pukul 13.00 WIB di depan Istana," ucap Remy melalui pesan singkat, Kamis (15/10/2020).

BEM SI selanjutnya akan tetap mendesak Presiden untuk dapat mengeluarkan Perppu untuk mencabut Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan. Undang undang tersebut mendapat sorotan karena memuat aturan yang bisa sangat merugikan pekerja hingga dampak terhadap kerusakan lingkungan.

Sebelumnya BEM SI terakhir melakukan aksi serupa pada 8 Oktober lalu. Namun, akhirnya aksi yang jugabersamaan dengan ikutinya para buruh yang terdampak pada UU tersebut Namun disayangkan berujung rusuh.

detikinfo.my.id


Pada unjuk rasa terdahulu Presiden Jokowi juga tidak ada di istana negara jakarta. Saat itu, Presiden Jokowi lebih memilih melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Timur.

Dan Presiden Jokowi baru memberi tanggapan sehari setelah aksi unjuk rasa tersebut. Kepala Negara menyebut aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja disebabkan oleh hoaks dan disinformasi.

Ia juga meminta pihak yang keberatan dengan UU itu menggugat ke Mahkamah Konstitusi.

Bagaimana Selanjutnya? Apakah Mahasiswa dan buruh akan melanjutkan aksinya di kemudian hari?

Kalaupun tetap berlanjut kita sama – sama berharap agar tidak menimbulkan kerusuhan.

Terimakasih.

LihatTutupKomentar