-->

KTP Elektronik ? Gunakan Alpukat Betawi Aja.

KTP Elektronik ? Gunakan Alpukat Betawi Aja.

Alpukat betawi ? Apaan tuh?


KTP Elektronik ? Gunakan Alpukat Betawi Aja.

Mungkin masih banyak dari  kita warga jakarta yang masih belum mengetahui Apa itu alpukat betawi. Alpukat betawi adalah salah satu inovasi pemerintah daerah Khusus Ibukota Jakarta, alpukat betawi merupakn sebuah aplikasi yang telah dilubcurkan oleh Pemda beberapa waktu yang lalu. Jadi mungkin dan sangat  wajar saja bila masih ada yang belum mengetahui keberadaannya.

Inilah pengalaman saya pribadi yang dimana awalnya belum mengethui aplikasi ini, tepatnya pada waktu saya mengantar anak yang akan membuat Kartu Tanda Penduduk karen usianya telah menginjak 17 tahun.


KTP Elektronik ? Gunakan Alpukat Betawi Aja.

Seperti biasanya jika saya mengurus keperluan di kelurahan mengambil nomor antrian lalu menunggu. Namun alhasil saya harus kembali kerumah, karena ternyata untuk mebuat KTP saat ini tidak perlu membawa surat pengantar dari RT dan RW, melainkan cukup hanya dengan mendaftar terlebih dahulu pada aplikasi android yaitu “Alpukat Betawi”. Setelah mendaftar kita akan diarahkan untuk mengisi daftar isian yang ada hingga selesai.

Dengan diluncurkannya aplikasi Alpukat Betawi ini memberikan kemudahan kepada kita. Sebelumnya jika kita ingi mengurus KTP di kelurahan , harus membuat atau meminta surat pengantar dari RT dan RW tempat kita tinggal.

Intinya kehadiran aplikasi ini memang membatu cukup megisikannya dari rumah, jika sudah selesai tentukan dan pilih waktu kedatangan yang sesuai dengan kesiapan kita (tapi jangan lama juga   he...he...he).

Setelah waktu yang kita jadwalkan tiba, datang ke kelurahan dan mengabil nomor antrian, setelah dipanggil foto deh. Untuk pengambilan KTP Elektronik  biasanya berkisar 2-3 hari berikutnya, mudahkan!

Nah itu cerita saya dalam mengurus KTP Elektronok baru. Nah sebenarnya selain untuk daftar KTP Online baru, apa lahi sih kegunaan/ fungsi aplikasi tersebut?, Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga Dasar Hukum Kartu Tanda Penduduk

Fitur Aplikasi Alpukat Betawi.

Aplikasi Alpukat betawi berjalan di Android, fitur dalam aplikasi Alpukat Betawi selain dapat digunakan untuk mengajukan permohonan, pengguna juga bisa memonitor progres dan memutakhirkan kelengkapan data administrasi kependudukannya.

Pengguna dapat melihat kelengkapan data beserta bentuk dokumen kependudukannya pada menu informasi data keluarga. Selain itu pengguna dapat mengajukan perubahan elemen data kependudukannya pada menu perubahan biodata.

Proses Permohonan Alpukat

1. Pilih jenis layanan, input form permohonan, upload berkas pendukung, pilih preferensi jadwal, submit permohonan

2. Tunggu konfirmasi petugas loket

3. Setelah mendapatkan notifikasi permohonan selesai, silahkan datang ke loket sesuai jadwal yang disepakati untuk mengambil dokumen yang sudah jadi ditukar dengan syarat layanan yang diajukan.

Jadwal kedatangan ke loket untuk pengambilan dokumen yang dapat dijadwalkan paling cepat adalah H+1 (Hari Kerja) dari tanggal pengajuan permohonan layanan, Dengan batasan Max 10 permohonan terjadwal di tanggal yang dipilih. Untuk pengajuan permohonan layanan diatas pukul 15.00 WIB penjadwalan paling cepat H+2 (Hari Kerja).

Nah itulah fitur yang ada di aplikasi alpukat......, Trus bagaimana cara mendaftarnya berikut kami jelaskaan cra pendaftarannya.


DOWNLOAD APLIKASI ALPUKAT BETAWI DI SINI

Registrasi Akun Alpukat Betawi

Sebelum dapat mengajukan pelayanan, silahkan registrasi di menu Mendaftar.

Cara Registrasi:

1. Lengkapi data NIK, NO KK, email, Nama Lengkap, Nomor HP, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir (Harus sama dengan dokumen kependudukannya), kemudian Password untuk akses aplikasi.

2. Akan dikirim SMS dari DukcapilDKI, Masukkan kode yang diterima.

3. Setelah berhasil memasukkan kode yang sesuai, dapat melakukan login dengan NIK dan password yang sudah dibuat.

Setelah tahap ini pengguna sudah dapat mengakses alpukat betawi dan mengajukan permohonan layanan, kecuali menu informasi data keluarga dan perubahan biodata. Untuk dapat mengakses kedua menu tersebut dapat melakukan verifikasi akun dengan datang ke loket dukcapil atau mengajukan verifikasi online melalui aplikasi alpukat betawi mobile dengan mengunggah foto KTPel dan Swafoto diri beserta KTP elektronik.


KTP Elektronik ? Gunakan Alpukat Betawi Aja.

Cara Verifikasi Online di menu Verifikasi Akun:

1. Unggah foto KTP elktronik dan Swafoto diri beserta KTP elektronik

2. Tunggu notifikasi verifikasi berhasil

3. Logout, kemudian Login kembali untuk dapat mengakses menu informasi data keluarga dan perubahan biodata


Baca juga KTP Anak

KTP Elektronik ? Gunakan Alpukat Betawi Aja.

DOWNLOAD APLIKASI ALPUKAT BETAWI DI SINI


Infografis Alpukat

Layanan Alpukat yang tersedia saat ini antara lain: Pencetakan KTPel, Pencetakan KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Perubahan Biodata, Legalisir/Duplikat, dan Informasi Data Keluarga.

Untuk Pencetakan KTPel dan atau KK terkait dengan perubahan biodata. Pemohon Dapat mengajukan melalui menu Perubahan Biodata.

Apabila Ada Pertanyaan atau Permasalahan dalam penggunaan "Alpukat Betawi" dapat menghubungi WA Kontak Dukcapil di +6281318882047

Gunakan Aplikasi ini untuk mempermudah dan memperpendek jalur birokrasi.
Selamat Mencoba, terimakasih







LihatTutupKomentar